Senin, 05 Agustus 2019

Membuat Sitasi dan Daftar Pustaka dengan Mendeley


Kutipan adalah gagasan berupa ide, pendapat yang diambil dari berbagai sumber. Proses pengambilan gagasan ini disebut mengutip. Salah satu software yang dapat digunakan untuk menjadi alat untuk manajemen reference tool adalah mendeley.
Mendeley Desktop Edition  adalah perangkat lunak “citation & reference manager” yang bisa didapatkan secara gratis (tidak berbayar) dan sangat kompatibel dengan program pengolah kata MS Word, Mac Word, OpenOffice. 
Sebelum membuat sitasi  perlu Instalasi dan Setup :

  • Mengunduh aplikasi Mendeley desktop melalui website resminya yang beralamat di http://www.mendeley.com
  • Buatlah akun baru di Mendeley Anda. Bisa lewat web atau aplikasinya di komputer.
  • Instal plugin Mendeley ke Microsoft Word dengan cara klik Tools di aplikasi Mendeley, kemudian pilih menu Install MS Word Plugin.
  • Buka Mendeley dekstop kemudian pilih Install MS Word plugin.
Gambar 1. Install MS Word Plugin

Gambar 2. Citation Plugin sudah Terinstall



 Membuat Sitasi dengan mendeley

Mengelola Dokumen Referensi

   Biasanya referensi/daftar pustaka yang Anda gunakan bisa berbentuk dokumen PDF, buku cetak, halaman web, dsb. Untuk itu perlu diorganisasi agar tersimpan dan tertata rapi di Mendeley. Untuk itu lakukan langkah-langkah berikut:
1.      Buka Aplikasi Mendeley.
2.      Klik menu File dan pilih Add Files.


3.      Selanjutnya pilih dokumen yang mau dikelola di Mendeley.
4.      Kemudian silahkan isi detail  dari informasi dokumen tersebut. Lihat gambar berikut di bagian kanan. Pastikan anda memilih Type dokumen yang tepat.

Menulis Sitasi 

    Setelah dokumen dikelola, maka anda bisa menggunakan/memanggilnya di MS Word untuk menulis Sitasi dan Daftar Pustaka. Caranya adalah  :
      1.      Buka Laporan / katya ilmiah anda di MS Word.
      2.      Letakkan kursor di posisi yang akan diletakkan sitasinya, bisa di awal tengah atau akhir kalimat.
      3.     Klik menu REFERENCES, pilih ikon Insert Citation yang berlogo Mendeley.

      4.      Selanjutnya Anda ketikkan kata kunci dari referensi yang akan ditambahkan sitasinya pada posisi kursor yang telah ditentukan. Klik OK dan hasilnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini.


5.      Pilih salah satu judul kemudian klik cite. 

 Memilih judul untuk dimasukkan ke MS Word

 Kutipan dengan Style APA

Daftar Pustaka

    Dengan memasukkan sitasi dengan Mendeley maka Anda tidak perlu lagi untuk menulis daftar pustaka. Karena daftar pustaka sudah dibuat otomatis oleh Mendeley dari seluruh referensi di dalam dokumen.

Baca juga :



Ps : 

 Sitasi adalah daftar pustaka dari sejumlah dokumen yang dirujuk atau yang dikutip oleh sebuah dokumen dan setiap daftar pustaka dokumen tersebut dimuat dalam bibliografi dokumen yang mengutip, yang secara khusus  mengkaji  pengarang dan karya-karya lain.
Bisa juga di definisikan untuk  menunjukkan asal-usul atau sumber suatu kutipan, mengutip pernyataan atau menyalin/mengulang pernyataan seseorang dan mencantumkannya di dalam suatu karya tulis yang dibuat, namun tetap mengindikasikan bahwa kutipan tersebut itu adalah pernyataan orang lain. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar